Mengenang sejarah melalui Teknologi AR/VR ? Bagaimana bisa ?

Published by Hilman Lutfi on

Yogyakarta merupakan kota istimewa yang selalu hadir untuk memberikan kesan istimewa pada setiap orang yang hadir untuk sekedar berliburan, atau menuntut ilmu hingga orang-orang yang memilih untuk tetap tinggal untuk menghabiskan masa tuanya di kota yang penuh dengan sejuta keistimewaan ini. Tak heran semua orang selalu jatuh cinta dan rindu akan kenangan saat berada di Yogyakarta.

Salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi kota Jogja adalah pesona wisatanya yang tidak kunjung habis atau selalu ada tempat dan destinasi wisata yang selalu memanjakan wisatawan-wisatawan.

Sumber gambar: Unspalsh

Lalu yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana peran teknologi yang kini hadir untuk bisa berdampingan dengan sejarah maupun budaya ? Apakah bisa teknologi membantu dalam melestarikan kebudayaan ? maupun memberikan informasi tentang sejarah-sejarah yang ada di Indonesia khususnya di kota-kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya seperti Yogyakarta.

Tentu hal ini menjadi sebuah hal yang menarik bagaimana teknologi mampu dalam berupaya melestarikan peninggalan-peninggalan sejarah. Teknologi AR/VR hadir dan mampu menjawab bahwa sejarah dan budaya dapat dikemas secara interaktif dan menarik untuk memberikan informasi secara virtual namun tetap dapat dinikmati dengan pengalaman yang menarik. Dengan adanya teknologi AR/VR pengguna dapat mendapatkan pengalaman seolah-olah nyata dan dapat mengenang kembali informasi tentang objek atau peninggalan sejarah yang ada.

Gambar : Flashcard 4D+ Clenovio

Selain itu pemanfaatan teknologi AR/VR juga dapat membantu dalam dunia pendidikan yang tentunya generasi-generasi yang akan datang tetap mendapatkan edukasi tentang informasi peninggalan sejarah dan terus mengenang dan melestarikan kekayaan yang ada pada ibu pertiwi ini.

Lalu kesimpulan pada opini ini adalah bahwa peran teknologi AR/VR dapat berperan sebagai teknologi yang futuristik yang mampu menceritakan dan mendokumentasikan kembali sejarah-sejarah yang pernah ada menjadi objek virtual yang interaktif sehingga masyarakat maupun generasi yang akan datang tetap mengetahui sejarah-sejarah yang ada tanpa takut sebuah peninggalan atau sejarah tersebut akan hilang atau sejarah dan budaya akan tetap lestari.

 

 

 

 

 

Categories: BeritaResearch

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Berita

Daycare atau Bersama Orang Tua? Mana yang lebih baik?

Kasih sayang kepada buah hati tentunya merupakan salah satu hal yang pasti dimiliki oleh setiap orangtua. Mereka tentunya menginginkan hal yang terbaik yang akan selalu diberikan kepada anak-anaknya. Namun sejatinya kini banyak orangtua yang sibuk Read more…

Berita

Virtual Reality Game dan BTS (Bangtan Sonyeondan)

Pengenalan tempat – tempat bersejarah, budaya, binatang, kuliner dan tempat wisata di indonesia kepada anak dapat merangsang otak untuk berimajinasi dan melatih kreatifitas, dengan metode pembelajaran yang unik dan menarik akan memberikan motifasi kepada anak Read more…

Berita

Sejarah Perkembangan Augmented Reality

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang ‘menggabungkan’ dimensi dunia nyata dan dimensi dunia maya, yang ditampilkan secara realtime (waktu nyata) dengan menggunakan kamera sebagai media yang menjembatani antara kedua dimensi. Teknologi Augmented Reality saat ini mulai Read more…